Minggu, 24 Februari 2013

TAHAPAN MERENCANAKAN BANGUNAN (Catatan Kuliah)

Dalam merencanakan suatu bangunan ada beberapa tahapan:
1.       Meminta sertifikat tanah pemilik yang akan dibangun dari Badan Pertanahan Nasional.

2.       Meninjau lokasi yang akan dibangun dan ukur ulang luas dan bentuk tanah.

3.       Mendata, mengamati lingkungan rencana proyek:
-          Sistem saluran air sekitar lokasi
-          Bentuk permukaan tanah/ kontur tanah
-          Penyelidikan tanah (khusus 1 lantai tidak prelu) oleh laboratorium Mekanika Tanah
-          Garis batas yang boleh dibangun/ garis sepadan/ ruiland
Garis sepadan ditentukan oleh pmerintah untuk jalan kelas III umumnya 3 m, kelas II umumnya 6m, kelas I umumnya 12m

4.       Ketinggian bangunan didaerah yang dekat bandara atau lokasi pesawat turun tidak diperbolehkan bangunan tinggi.

5.       Perencana berdasarkan dengan pemilik bangunan:
-          bangunan untuk keperluan rumah tinggal sekolah, pabrik, toko dll
-          bentuk bangunan yang diinginkan
-          kebutuhan / ruang apa saja yang harus ada dan berapa luas tiap ruangannya
-          dari data di atas dikonfirmasikan ketentuan yang telah ditetapkan pemerintah 80%luas bangunan 20% luas lahan terbuka
apabila 80% dilanggar , maka surat ijin mendirikan bangunan akan sulit dikeluarkan

6.       arsitek merencanakan gambar rencana hingga disetujui pemilik bangunan.

7.       Untuk 1 lantai umumna tidak dihitung, tetapi mulai 2 lantai harus disertai perhitungan dan gambar potongan serta detail.
Untuk bangunan yang berat dan diproses lelang maka ditambah dengan ketentuan rencana dan syarat (RKS)
Isi RKS:
-          Ketentuan administrasi
-          Ketentuan teknis
-          Ketentuan umum
Ketentuan yang berada di RKS berifat mengikat baik pemilik maupun pemborong bangunan. Misal:
-          Ketentuan tentang termin/ pembayaran
-          Batas waktu pembayaran , apabila lebih didenda

8.       Gambar dan perhitungan serta surat surat keperluan diajukan ke pemerintah kota untuk mendapatkan ijin mendirikan bangunan (IMB) bila IMB telah keluar, pembangunan boleh dimulai.
Gambar yang harus ada:
-          Gambar situasi
-          Denah lantai dasar
-          Denah lantai 1,2,3
-          Tampak samping kiri kanan dan depan belakang
-          Denah rangka atap
-          Denah pondasi
-          Potongan minimal 2 potongan
-          Gambar detail pondasi, sloof, kolom balok plat lantai dll

Sabtu, 23 Februari 2013

CONTOH RENDER V RAY FOR SKETCHUP

Tidak bisa dipungkiri bahwa kemajuan di bidang designing khususnya properti dan bangunan embuat kita kalang kabut untuk terus balajar dan memahami hal hal baru yang telah terjadi . Agar kita bisa terus eksis dengan mengeluarkan inovasi inovasi baru yang bersaing.
Sebagai contoh di bidang DESAIN BANGUNAN bahwa semua orang di bidang ini pasti tidak akan buta dengan yang dinamakan 3D modeling. Ya, itu adalah pendisainan atau pemodelan 3D dari suatu perencanaan, baik arsitektural maupun struktural, tentu bidang bangunan karena kita membahas tentang bangunan.
OK, move on. Di dalam pendisainan para pembuat software 3D modelling bersaing ketat untuk mendapatkan pengguna terbesar. Dan hasilnya kita dipusingkan dengan berbagai macam software untuk mendukung karya kita ( 3D Modelling ). Sebagai contoh software yg familiar yaitu, Auto Cad, 3DS max, ArchiCad, Sketchup , dll. Dari design struktur ada SAP 2000, ETABS, TEKLA STRUCTURE, dll. sudah barang tentu kita di buat pusing untuk menentukan software mana yg harus kita pakai, ataukah mau di pelajari semua? itu terserah anda, jika anda mampu. IT'S OK.
Saran dari saya adalah cari yang gampang saja. hoho. .maklum masih amatiran. so we choose SKETCHUP. Sebagai amatiran saya suka sketchup yaitu : pertama, mudah. kedua, mudah. dan sampai seratus alasan saya akan mengatakan mudah dan cukup mudah.
lanjut. Fitur pemodelan dari software ini sangat simple , anak ingusan pun mungkin bisa. haha. just kid brayy. tinggal menghubungkan garis membentuk bidang, menggabungkan bidang menjadi ruang, selesai deh masalah.it's so simple, right? ? jika kita bisa agak belajar lebih lanjut bisa kenalan dengan mesin render sketchup yaitu V RAY FOR SKETCHUP. makanan apa itu? ?itu adalah perangkat lunak yang membuat pemodelan 3D semakin mendekati realistic ( nyata ) tp untuk amatir sprti saya masih belum mampu. dan masih terus belajar.:-P
ok langsung saja seperti apa hasil dari makanan itu? ? dan saya rasa cukup lumayan untuk pemula. dan mungkin sudah punya nilai jual. :-P

ini contoh hasil dari V RAY FOR SKETCHUP plus sentuhan magis Protosop :-P

Diberdayakan oleh Blogger.

Cari Blog Ini

Search