Sabtu, 26 Mei 2012

MEMBUAT AIR MANCUR ABADI TANPA POMPA LISTRIK


Sebuah air mancur di taman dengan suara gemericik merupakan sebuah pemandangan yang dapat menciptakan suasana damai penuh ketenangan dalam sebuah rumah. Berbagai tipe air mancur dapat dibuat dengan sistem pompa listrik yang banyak dijual dipasaran sehingga dapat dipilih sesuai dengan kebutuhan dan selera akan hadirnya sebuah tetesan air di kolam taman. Dibalik kemudahan tersebut mari kita coba berinovasi dengan memikirkan alternatif tentang bagaimana cara membuat air mancur tanpa pompa listrik.

Beginilah konsepnya, dalam ilmu didrolika kita akan mengenal perilaku air yang dapat berjalan melawan gravitasi apabila diberikan sesuatu yang mampu mendorong atau menarik air untuk mengalir ke atas yang akhir akhir ini banyak digunakan pompa listrik sebagai penarik air tersebut, nah disini mari kita buat air mancur yang bisa bekerja tanpa pompa listrik. Gambaran berikut semoga bisa menjadi alternatif konsep sebuah air mancur tanpa pompa listrik yang begitu murah dan mudah dibuat bahkan bisa menggunakan barang bekas.



Di alam ini kita dapat menemukan cara kerja air mancur tersebut dalam sistem hidrologi air hujan, dimana air menguap menuju ke atas lalu menggumpal menjadi awan dilangit. Kemudian turun kembali ke permukaan bumi dalam bentuk air hujan dan begitu seterusnya. Sistem itu berjalan otomatis dan terus menerus sebagai ciptaan Tuhan yang begitu menakjubkan.

Material yang bisa dipakai untuk membuat air mancur abadi ini adalah : Tabung (bisa menggunakan drum plastik bekas, galon air), selang air , penyangga tabung  (bisa menggunakan rangka penyangga/beton). Ini hanyalah konsep dengan material yang sederhana yang tentu dapat dikemas sedemikian rupa sehingga menarik perhatian jika diproduksi secara masal di pabrik.

Demikianlah gambaran dari cara membuat air mancur tanpa pompa listrik yang saya dapatkan dari sebuah situs di www.ilmusipil.com

Tinggalkan komentar yaa jika kurang jelas. .
:-D

17 komentar:

  1. agan sudah membuktikanya sendiri belom???

    BalasHapus
  2. Sesuai hukum pascal hal itu pasti berhasil.
    Asal tabung itu bersifat tertutup.
    Tidak ada kebocoran selain jalur masuk dan keluar air.

    BalasHapus
  3. Saya barusan mencoba. semua persyaratan itu saya penuhi namun kenyataannya adalah air yang keluar dari dasar tanky (menggunakan pipa) tidak mampu menyedot air yang berasal dari sumber air laut. saya menggunakan pipa ukuran 1/2 inchi baik dari masuk maupun keluarnya. namun fenomena yang terjadi adalah udara masuk melalui ujung pipa keluar. seperti kondisi udara masuk ke Galon air pada dispenser di rumah... Bagaimana mengatasinya biar bisa berhasil?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Saya kasih ide mas Jonathan , coba anda pakai sistem wc, (bhasa jawanya gulu banyak / leher angsa untuk menghilangkan gelembung udara yang membalik ....cuma ide saja lo trus juga tanky harus kuat bener ..ayo ayo maju indonesia ...

      Hapus
  4. jangan teori di kedepankan, praktek dulu. kalo berhasil hubungi saya. 085649049086

    BalasHapus
    Balasan
    1. sy udah pernah mencoba/riset sistem seperti ini dengan berbagai teknik, hasilnya . TIDAK BISA

      Hapus
  5. setelah riset ternyata tinggi tabung terhadap permukaan mempengaruhi juga, silahkan coba...

    BalasHapus
  6. coba share video yang udah berhasil gan...

    BalasHapus
  7. Jawabnya tidak bisA kecuali ketinggian air yg di sedot lebih tinggi

    BalasHapus
  8. bisa... saya sudah pernah mencoba... kuncinya seberapa pun tinggi air yg akan di sedot, sewaktu pembuangan akhir harus lebih rendah dari sumber air... jadi kalu menurut saya ada revisi pada gambar... tabung penampungan tidak bisa berada diatas sumber air...seharunya dia lebih rendah dari pada sumber air... contoh sumber mata air di gunung dibuat jembatan ganting yg akan keluar di kota.. semoga dapat di pahami terima kasih

    BalasHapus
  9. saya sudah pernah mencobanya. memang sih.. belum berhasil, tapi kemungkinan berhasil sangat besar. saya sampai mencoba sebanyak 3 kali. saya menggunakan pipa pvc 4", pipa keluar lebih besar dari pada pipa masuk. kendala saya pada kekuatan pipa pvc yang saya gunakan. di saat saya mencoba pertama kali dengan ukuran pipa keluar dan masuk dengan ukuran yang sama tidak berhasil, percobaan yang kedua saya merubah ukuran pipa keluar menjadi lebih kecil hasilnya memuaskan, selama sekitar 10 detik air keluar lancar kemudian yang terjadi pipa pvc 4" yang saya pake mengkerut dan pecah, saya tidak tau penyebabnya, tapi saya coba analisa.. kemungkinan pipa tersebut tidak kuat menahan daya isap dari sistem kerja alat tersebut. jadi saya mengambil kesimpulan seandainya pipa pvc 4" yang saya gunakan lebih kokoh / tebal kemungkinan akan lebih kuat menahan yang artinya percobaan itu pasti berhasil, tolong saran dari yang lain.. terima kasih

    BalasHapus
  10. saya coba pertama x langsung bisaaa . . . . asalkan kedua ujung selang penyedotan dan pembuangan trtutup dan terisi air penuh juga tabung hrs penuh air , jika sdh baru tutup ujung selang/pipa di buka bersamaan !!!

    BalasHapus
    Balasan
    1. Betul gan.. ane coba skali aja jadi.. yg penting volume pima masuk n kluar sama..klo gk berhasil bukan caranya yg gk bener.. tp mungkin agan2 yg nyoba ada yg kurang pas.

      Hapus
  11. ITU bisa om- om semua, Dan saya berhasil. Syaratnya tabung HARUS dalam kondisi VACUUM atau rapat dan volume selang dari sumber air TIDAK BOLEH lebih dari volume tabung.

    BalasHapus
  12. https://m.youtube.com/watch?v=erkhB70RfKs

    BalasHapus
  13. https://m.youtube.com/watch?v=erkhB70RfKs

    BalasHapus

Diberdayakan oleh Blogger.

Cari Blog Ini

Memuat...

Search