Sabtu, 02 Juni 2012

PERHITUNGAN SEDERHANA KOLOM STRUKTUR UNTUK BANGUNAN 2 LANTAI

apa itu kolom? ?

Kolom adalah suatu struktur tiang/penyangga yang berfungsi meneruskan beban yang ada di atasnya ke struktur yang ada di bawahnya hingga pada akhirnya ke pondasi suatu bangunan. Kolom sendiri bisa di buat dengan kayu, bambu, maupun beton. Tergantung dari kebutuhannya. Biasanya yang mendasari pemilihan kolom adalah dari faktor beban yang ditumpunya, keawetan kolom itu sendiri, ke ekonomisannya dalam pembuatan, kemudahan dalam pembuatan dan lain lain.

Di postingan kali ini saya akan berbagi mengenai perhitungan kolom untuk rumah tinggal 2 lantai. Pada dasarnya perhitungan kolom ini tidak begitu rumit dan kompleks. Untuk perencanaannya hanya diambil pada sampel beban beban terbesar yang harus ditumpunya. Untuk perhitungan struktur yang tidak menggunakan software sebenarnya membutuhkan bantuan tabel. Mudah mudahan dalam waktu dekat tabel tabel yang diperlukan untuk perhitungan bisa secepatnya di posting untuk membantu anda dalam menghitung.



Di bawah ini adalah contoh perhitungan kolom yang saya kerjakan guna memenuhi syarat kelulusan, ini adalah Tugas Akhir Sekolah saya. Semoga bisa membantu. Amin.

monggo , silakan. .

PERHITUNGAN KOLOM ANGGAPUTRA

3 komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.

Cari Blog Ini

Search