Rabu, 16 Januari 2013

MENGGANTI PERINTAH AUTO CAD SESUAI SELERA


Software di kalangan Teknisi bangunan maupun Arsitek sangat beragam dan banyak macam. Akan tetapi untuk desain gambar Teknik rata rata mengandalkan software yang satu ini yaitu AUTO CAD. 

AutoCAD adalah perangkat lunak komputer untuk menggambar 2 dimensi dan 3 dimensi yang dikembangkan oleh AUTODESK. Keluarga produk AutoCAD, secara keseluruhan, adalah software CAD yang paling banyak digunakan di dunia.

AutoCAD digunakan oleh insinyur sipil, land developers, arsitek, insinyur mesin, desainer interior dan lain-lain.

Format data asli AutoCAD, DWG, dan yang lebih tidak populer, Format data yang bisa dipertukarkan (interchange file format) DXF, secara de factomenjadi standard data CAD. Akhir-akhir ini AutoCAD sudah mendukung DWF, sebuah format yang diterbitkan dan dipromosikan oleh Autodesk untuk mempublikasikan data CAD.

AutoCAD saat ini hanya berjalan disistem operasi Microsoft. Versi untuk Unix dan Macintosh sempat dikeluarkan tahun 1980-an dan 1990-an, tetapi kemudian tidak dilanjutkan. AutoCAD masih bisa berjalan di emulator seperti Virtual PC atau Wine.

AutoCAD dan AutoCAD LT tersedia dalam bahasa Inggris, Jerman, Perancis, Italia, Spanyol, Jepang, Korea, Tionghoa Sederhana, Tionghoa Tradisional, Rusia, Ceko, Polandia, Hongaria, Brasil, Portugis, Denmark, Belanda, Swedia, Finlandia, Norwegia dan Vietnam.


Pada postingan kali ini saya akan membahas trik simpel untuk mengganti command/ perintah auto cad menjadi perintah yang kita tentukan sendiri. Baiklah langsung saja ke materi. Dibawah ini akan dijelaskan 4 langkah.

1. Buka Program Auto CAD saudara sekalian
























2. Klik Tools > customize > pilih  Edit Program Parameters




3. Mengganti dan Menambahkan Perintah Standar

 Seperti yang anda lihat pada list perintah auto cad di atas. Kita ambil contoh untuk perintah COPY dengan perintah awal yaitu CO dan akan diganti maupun ditambahi perintah COPY dengan perintah CC. Cara yang digunakan cukup mudah yaitu dengan mengkopy perintah diatasnya dan di paste kan di bawahnya kemudian edit perintah tersebut sesuai keinginan anda.

PENTING: pastikan shortcut perintah yang anda pakai tidak bertabrakan dengan perintah lain.

setelah dirasa sudah cukup maka jangan lupa untuk SAVE list program parameter itu dengan CTRL+S , setelah itu bisa di close jendela "edit program parameters/ PGP"

4. Langkah Terakhir


Sebagai finalisasi yaitu program parameter itu di RE-INITIALIZATION dengan mengetikkan shortcut perintah REINIT kemudian anda akan masuk pada jendela re initialization.
Pilih/ centang pada PGP FILE. Setelah itu klik OK.

Setelah semua langkah terpenuhi maka tinggal mencoba shortcut perintah itu. Cobalah untuk menggandakan suatu bangun.

MUDAH BUKAN? ? IT JUST SO EASY,,

INGAT, JANGAN LUPA UNTUK MENGGUNAKAN TOMBOL "ESC" SEBELUM MEMASUKKAN SHORTCUT PERINTAH


Jika ada kesulitan silahkan tinggalkan komentar untuk postingan ini.
BYE BYE di postingan selanjutnya

6 komentar:

  1. Maaf gan untuk aplikasi ataocad dengan bahasa indoneaia bagai mana ya gan? Trm ksh

    BalasHapus
  2. Sangat membantu. Perintah copy jadi lebih mudah & simpel. Terima kasih gan

    BalasHapus
  3. sangat mmbantu..trimakasih atas pencerahannya..

    BalasHapus

Diberdayakan oleh Blogger.

Cari Blog Ini

Search