Selasa, 06 September 2011

Pondasi ,,jangan disepelekan ! !


uda pada tau kan elemen elemen penting dari suatu bangunan, salah satunya yaitu PONDASI. Karena pondasi merupakan elemen pokok bangunan yang sangat penting, yang menurut fungsinya adalah sebagai penyangga bangunan di atasnya, maka baik buruk dan kuat tidaknya bangunan di atasnya sangat tergantung kepada pondasinya.

Tau ngga syarat syarat pondasi itu apa?
Syarat syarat pondasi itu adalah:
1.Bentuk dan konstruksinya harus menunjukkan suatu konstruksi yang kokoh dan kuat untuk mendukung beban bangunan di atasnya.
2.Pondasi harus dibuat dari bahan yang tahan lama dan tidak mudah hancur, sehingga kerusakan pondasi tidak mendahului kerusakan bagian bangunan di atasnya.
3.Tidak boleh mudah terpengaruh oleh keadaan di luar pondasi, misalnya keadaan (kondisi) air tanah dan lain lain.
4.Pondasi harus terletak di atas tanah dasar yang cukup keras sehingga kedudukan pondasi tidak mudah bergerak (berubah), baik bergerak ke samping, bergerak ke bawah (turun) atau mengguling.

Apabila lapisan tanah keras dalamnya kuran lebih 1 meter, maka konstruksi pondasi dapat dibuat secara langsung di atas tanah dasar tersebut dan pondasi seperti ini disebut pondasi langsung.

Karena daya dukung dari tanah dasar pondasi pada umumnya lebih kecil daripada daya dukung pasangan badan pondasi, maka untuk memperkecil beban per-satuan luas pada tanah dasar, lebar dasar pondasi dibuat lebih besar daripada tebal dinding tembok di atasnya.

Apabila badan pondasi terdiri dari bahan batu kali (batu sungai), batu bata (batu merah) dan beton tumbuk, maka untuk menghemat biaya biasanya tampang badan pondasi diberi bentuk trapesium.

Maka dari itu, pembuatan pondasi jangan disepelekan. Jika bangunan runtuh, siapa yang rugi??masih beruntung kalau runtuh kemudian tidak menimbulkan korban jiwa. Kalau ada yang tewas gara gara pondasi tidak mendukung bangunan di atasnya? ? pasti bakalan menyesal menyepelekan pembuatan pondasi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.

Cari Blog Ini

Search